SEJARAH

surya melatiRumah Sakit Umum Muhammadiyah “Surya Melati” yang berlokasi di Desa Ngletih, Kec. Kandat, Kab. Kediri merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah di lingkungan Kabupaten Kediri yang memulai operasionalnya pada tanggal 4 Januari 2003 yang penyelenggaraannya di bawah naungan MKKM PDM Kabupaten Kediri dalam bentuk BP/RB dengan ijin DINKES No. 445/1133/418.48/2004 diperpanjang dengan ijin tetap 5 tahunan No. 445/4.1/418.48/2006. Dengan ijin prinsip untuk Rumah Sakit dari Bupati No. 050/1226/418.56/2008 dan rekomteknis Dinkes No. 445/672/418.48/2008. Dan terakhir dengan dikeluarkannya ijin dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur No. 442.1/2925/101.4/2009, serta Ijin Operasional Bupati Kediri No. 188.45/305/418.32/2012, dan Ijin Operasional Tetap Bupati Kediri No. 188.45/960/418.32/2013.

Rumah Sakit Umum Muhammadiyah “Surya Melati” didirikan dengan tujuan ikut membantu menciptakan tingkat kesehatan masyarakat yang optimal di semua lapisan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera, sehat dan makmur yang diridhoi Allah Subhanallahu Wa Ta’ala melalui pendekatan preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif secara menyeluruh. Di sisi lain Rumah Sakit Umum Muhammadiyah “Surya Melati” mempunyai landasan bergerak ke depan menjadi pusat layanan kesehatan, terlengkap dengan prinsip keterjangkauan pembiayaan dan jarak bagi pasien di Kediri Selatan tapi tetap berpegang pada profesionalisme, standar mutu yang tinggi, serta cita-cita luhur dari Persyarikatan Muhammadiyah untuk mengaplikasikan Surat Al Ma’un dalam Al Qur’an.

surya melatiVisi Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Surya Melati adalah ‘menjadi pusat layanan kesehatan bermutu dan islami’. Sedangkan misinya adalah:

  1. Lengkapnya peralatan penunjang layanan
  2. Sumber daya insani yang terampil dan kompeten
  3. Pengelolaan keuangan yang akuntabel
  4. Keterjangkauan pembiayaan
  5. Dakwah islamiyah melalui pelayanan kesehatan

Motto Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Surya Melati adalah ‘Semangat Bisa, Ceria Berkarya’. Semangat bisa bermakna bahwa Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Surya Melati mempunyai semangat berjuang demi mewujudkan masyarakat sehat dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, serta bisa mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Sedangkan ceria berkarya bermakna bahwa dalam bekerja didasarkan pada kegembiraan dan keceriaan, sehingga meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat umumnya dan pasien pada khususnya. CERIA juga merupakan sebuah akronim berupa ‘Cepat, Efektif & Efisien, Ramah, Ikhlas, Amanah’, sebuah motivasi diri dalam membangun pelayanan kesehatan yang prima dan memuaskan.

Semuanya ini muncul dari fenomena masyarakat yang ada bahwa kesadaran masyarakat akan kesehatan yang semakin baik namun kemampuan ekonomi yang sulit akibat adanya krisis ekonomi berkepanjangan menjadi salah satu kendala dan menjadi alasan timbulnya keengganan masyarakat untuk segera memeriksakan diri atau berobat ke dokter atau tempat pelayanan kesehatan ketika sakit. Fenomena ini diperkuat dengan image bahwa untuk mendapatkan suatu layanan yang baik, lengkap, memadai dan profesional diperlukan suatu kompensasi yang relatif mahal dan harus ditempuh dalam jarak yang cukup jauh.

surya melatiMaka kami hadir untuk berusaha memberikan solusi walaupun tentu dalam perjalanan awalnya mengalami beberapa masalah yang cukup sulit terutama masalah modal pengembangan namun alhamdulillah sampai saat ini eksistensi dari amal usaha ini sudah semakin dibutuhkan. Adanya tuntutan kebutuhan masyarakat akan peningkatan standar pelayanan yang berbentuk sarana dan prasarana ataupun pelayanan dalam bentuk medis, maka manajemen telah melakukan diversifikasi status terhadap Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Muhammadiyah “Surya Melati” menjadi sebuah rumah sakit yang dicita-citakan oleh lingkungan masyarakat sekitar dengan nama “RUMAH SAKIT UMUM MUHAMMADIYAH SURYA MELATI”.